https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN TS-TS DAN NHT DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA | A’yun | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN TS-TS DAN NHT DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Qurrotul A’yun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa ditinjau dari multiple intelligences siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah TS-TS dan NHT. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas  X SMK Pemasaran semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple cluster random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelas yang dikenai TS-TS dan dikenai NHT. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran TS-TS maupun model pembelajaran NHT, (2) pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis maupun linguistik lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal, dan tidak ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa dengan kecerdasan logis matematis maupun linguistik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan multiple intelligences siswa terhadap pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: TS-TS, NHT, pemahaman  konsep, multiple intelligences


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.